Alami Kekeringan, PDAM Tirta Kahuripan Cari Sumber Air Sendiri

BOGOR, kabarsatu.com – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kahuripan mengeluarkan imbauan kepada masyarakat untuk mewaspadai puncak musim kemarau yang terjadi saat ini. BUMD milik Pemerintah Kabupaten Bogor ini mengaku, jika siklus alam ini bukan mustahil akan berdampak pada segi pelayanan.

Direktur PDAM Tirta Kahuripan, Hasanudin Tahir mengatakan, beberapa sumber air milik PDAM saat ini memang dilaporkan mengalami penurunan debit. Hal ini bukan tidak mungkin akan berdampak pada suplay distribusi air kepada pelanggan.

Baca juga :  Ribuan Pelamar CPNS Berebut 154 Formasi PNS di BNN

“Oleh karenanya dalam kondisi yang saaat ini PDAM berharap kepada pelanggan agar mampu mengelola kegunaan air seefisien mungkin agar kebutuhan dasar rumah tangga dapat terpenuhi,” imbaunya.

Baca juga :  Perpres Nomor 45 Tahun 2018, Proyeksikan Cekungan Bandung Sebagai Kawasan Kelas Dunia

Kendati begitu, Hasanudin mengungkapkan, pelanggan tak perlu khawatir, sebab, untuk mengantisipasi kekhawatiran tersebut, PDAM Tirta Kahuripan akan selalu berupaya memaksimalkan pelayanan.

“Ada beberapa langkah yang akan kita lakukan, yakni dengan pengiriman unit-unit tangki air kepada daerah yang membutuhkan dan juga usaha mencari sumber air yang berpotensi menambah debit air,” katanya.

Baca juga :  Atasi Kesulitan Air, PDAM Tirta Multatuli Luncurkan Program Hibah

Untuk mengantisipasi kekeringan yang berkepanjangan, upaya-upaya lainnya yang sedang dilakukan oleh pihak PDAM adalah pendekatan kepada masyarakat yang lokasi tanahnya terdapat sumber mata air untuk dapat dimanfaatkan oleh PDAM secara darurat dalam rangka menambah kapasitas produksi.FUZ