Atasi Kesulitan Air, PDAM Tirta Multatuli Luncurkan Program Hibah

LEBAK, www.kabar1.com – Musim kemarau yang terjadi saat ini membuat warga di beberapa daerah, terutama wilayah Lebak, Banten mengalami kesulitan air. Krisis air bersih hingga sumber mata air, sumur dan pompa jet pump milik para warga.

“Sebagian warga nyari air lewat gali lubang di sawah. Untuk keperluan konsumsi sehari-hari, kita beli air galon isi ulang,” tutur Aisyah (58) warga Kampung Pasir Jati RT01 RW05, Kelurahan Cijoro, Lebak, Kabupaten Lebak, Banten, Rabu (29/8).

“Ada juga yang terpaksa harus berjalan kurang lebih sampai 50 meter, untuk bisa mencuci dan mandi di sumur (sumber mata air),” tambahnya.

Menanggapi hal ini, Pemerintah daerah menggandeng PDAM Tirta Multatuli langsung mengambil tindakan melalui Hibah Air Minum Perkotaan (HAMP). Program instalasi dilaksanakan secara cuma-cuma untuk satu bangunan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Kasubag Pengawasan Teknik Bagian Perencanaan Koordinator Proham PDAM Tirta Multatuli, Kristanto mengungkapkan ini merupakan realisasi kerjasama Pemkab Lebak, Banten dan Kementerian PURR.

“Kami mengoptimalkan jaringan yang belum terpakai atau idle capacity. Jaringan ini merupakan investasi untuk jaringan perpipaan dan infrastruktur lainya sehingga kapasitas produksi bisa di salurkan dan menjadi manfaat bagi masyarakat,” katanya.

Guna optimasi pemanfa’atan program hibahnya secara kontinyu, lanjut Kristanto, pihak akan terus mensosialisasikan kepada masyarakat Kabupaten Lebak, tidak hanya untuk warga terdampak kekeringan.

“Tidak ada biaya atau pungutan untuk progres instalasinya. Cuma nanti jika sudah jarak 1 bulan pemakaian, (pelanggan) baru bayar sesuai penggunaan,” tutupnya.FAN




Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.