Biaya Ulangan SD Di Bogor Miliaran Rupiah

BOGOR-kabar1.com-Biaya pelaksanaan ulangan pada tingkat satuan pendidikan Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kota Bogor, selama satu tahun pelajaran mencapai miliaran rupiah. Karena, per siswa dibandrol Rp27.500. Sedangkan jumlah siswa SD di Kota hujan ini, lebih kurang tujuh puluh ribu orang.

Menurut para kepala sekolah kepada kabar1. com, biaya tersebut diperoleh dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS) APBN. Karena, dalam setahun, empat kali dilaksanakan, yaitu penilaian tengah semester (PTS) dan Penilaian Akhir Semester (PAS) ganjil serta PTS genap dan Penilaian Kenaikan Kelas (PKK).

Baca juga :  Pendidikan Dasar Dakwah Bagi Mahasiswa INAIS

Tapi, lanjut sejumlah Kepala SDN yang enggan ditulis namanya, bahwa pengadaan soal ujian dan lenbar jawaban bukan dibuat oleh sekolah, melainkan ‘dikuasai’ oleh satu penerbit.

Baca juga :  Ikatan Alumni Madrasah Bogor Lokomotif Aksi Bela Madrasah Jilid II

“Kami hanya menerima lembar soal dan lembar jawaban dari Kelompok Kerja Kepala Sekolah Dasar (K3SD) masing-masing wilayah. Kemudian, kami membayar biaya tersebut ke bendahara K3SD setempat sebesar Rp27.500,- per siswa,” papar mereka, Jum’at (07/12/2018).

Baca juga :  SK Guru Honor Terbentur Kementrian

Sekretaris Dinas Pendidikan (Sekdisdik) Kota Bogor, Jana Sugiana ketika dikonfrimasi, enggan memberikan penjelasan. “Silahkan tanya ke Kepala Bidang SD, pak Maman. Karena, saya tidak tahu mengenai hal itu,” inbuhnya. Namun, ketika hendak dikonfirmasi, (Kabid) SD, Maman Suherman, sedang tidak ada di ruang kerjanya. URI