BMKG : Waspada Musim Pancaroba

BOGOR, kabar1.com – Indonesia khususnya Jawa Barat mulai memasuki musim pancaroba atau peralihan dari musim kemarau menuju musim hujan. Prakiraan cuaca tersebut menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bogor, diperkirakan akan terjadi antara bulan September sampai dengan Desember 2018.

Namun pada umumnya diketahui, musim pancaroba itu terjadi pada September, Oktober, hingga November. Hujan deras disertai angin sendiri terjadi hampir merata di wilayah Bogor, Minggu (2/9/2018) petang. Kepala BMKG Bogor, Budi Suhardi menjelaskan ada tiga (3) kategori sifat hujan. Diantaranya Atas Normal (N), Normal (N) dan Bawah Normal (BN).

“Untuk AN itu dilihat jika nilai curah hujan lebih dari 115 persen terhadap rata-ratanya. Untuk N itu dilihat dari curah hujan anytara 85-115 persen sedangkan BN itu dilihat jika curah hujan kurang dari 85 persen terhadap rata-ratanya,” jelas Budi dari keterangan yang didapat kabar1.com, Senin (3/9/2018).

Baca juga :  Penumpang Terlantar Dampak KRL 1507 Anjlok

Berdasarkan data BMKG, di awal musim hujan 2018/2019 pada wilayah Zona Musim (ZOM) di Jawa Barat itu akan terjadi di satu (1) wilayah ZOM pada September dasarian III yang meliputi Bogor bagian selatan, Sukabumi bagian utara, Cianjur utara bagian barat.

Untuk dasarian I-III pada Oktober sebanyak 11 wilayah ZOM yang meliputi Sukabumi Barat dan Selatan, Cianjur Timur, Selatan dan Utara, Purwakarta Selatan, sebagian besar Bandung, Subang selatan, Garut Selatan bagian Barat dan Timur, Sumedang Barat, sebagian besar Tasikmalaya, sebagian besar Ciamis, Banjar dan Pangandaran.

Baca juga :  Ya Allah, Pemkab Cianjur Belom Lirik Abah Engkan

Selanjutnya untuk dasarian I-III pada November sebanyak 18 ZOM, diantaranya Bogor utara, Depok, Bekasi Selatan, dan Timur, sebagian besar Karawang, Purwakarta Utara, Cianjur Tengah dan Timur bagian Selatan, sebagian besar Garut, Bandung Barat dan Timur, sebagian besar Subang, sebagian besar Sumedang, Majalengka, Indramayu Selatan, sebagian besar Cirebon,

Kuningan, Ciamis Utara, Tasikmalaya Utara dan Pangandaran timur.

Sedangkan dasarian I-II pada Desember sendiri ada enam (6) wilayah ZOM, diantaranya

Baca juga :  Pemuda Karang Taruna Laksanakan Peyemprotan Disinfektan Lanjutan

Bekasi bagian Bekasi, Karawang utara, Subang Timur, Indramayu, Malajengka Utara dan Cirebon Utara.

Sekedar diketahui, memasuki musim pancaroba di Indonesia saat ini, Kepala Bidang Humas BMKG RI Hary Tirto Djatmiko mengimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai potensi terjadinya hujan lebat disertai kilat dan angin kencang.
“Jika dilihat dan ditinjau secara klimatologi, bulan September merupakan salah satu bulan transisi atau pancaroba… untuk itu secara bertahap pula sudah ada potensi hujan yang belum merata dan dapat dimungkinkan potensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat terutama antara siang dan menjelang malam hari,” ujar Harry.