Buktikan Komitmen, Satgas Sektor IX Buka Saluran Pembuangan Limbah

BANDUNG BARAT, kabar1.com – Satgas Citarum Harum Sektor 9 akhirnya membuka saluran pembuangan limbah pabrik PT Hero Sekawan, Sabtu (15/9). Pembukaan dilaksanakan dengan membongkar tembok penghalang (coran).

Dansektor IX Kol Inf Arief Prayitno menilai pihak perusahaan sudah kooperatif yang dibuktikan dengan penurunan PH dari skala 10 menjadi batas normal, yakni skala 7 serta pengadaan kolam indikator yang ditanami ikan.

“Namun demikian masih dalam tahap pengawasan sektor 9 “, tandasnya.

Baca juga :  Pemuda Pancasila Kecamatan Lakbok Berbagi Takjil Gratis

Sementara itu, Tini mewakili pemilik perusahaan, Lie Jie Swie mengkonfirmasi permintaan pembukaan saluran pembuangan limbah perusahaannya karena pihaknya sudah beritikad baik dan mendapat persetujuan pihak pengawas.

“Saluran pembuangan limbah di perusahaan kami sudah dibuka oleh satgas Citarum Harum Sektor 9 pada sekitar pukul 10.30 Wib s/d 11.30 Wib”, ucapnya

Untuk diketahui, Satgas Sektor IX sempat menutup saluran pembuangan limbah beberapa perusahaan di kawasan Giriasih, Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

Baca juga :  Ating: Keluarga Harus Jadi Benteng Kokoh Moral AnakĀ 

Alasan penutupan dikarenakan adanya temuan overcapacity PH hingga mencapai 10 diatas batas normal yang ditentukan oleh Pemerintah, yaitu 6,5 – 9.

Namun, dengan adanya komitmen pihak perusahaan, beberapa perusahaan akhirnya melakukan perbaikan.

Hal ini dibuktikan Dansektor IX Kol Inf Arief Prayitno saat meninjau langsung beberapa lokasi perbaikan nya, termasuk melihat langsung kondisi Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) dan Unit Pengolahan Limbah Cair (UPLC).

Baca juga :  Tips Mudah Memilih Makanan dan Minuman Saat Diet

“Kita lihat limbah cair dari IPAL dan di luar pabrik. Kita uji ada PH air keluar dari IPAL sudah mencapai 7 koma sekian atau netral. Kita juga mengecek lainnya seperti komposisinya seperti apa,” ungkapnya.