Cuma 3,3 Kilo, Pelebaran Jalan Puncak Habiskan Rp22 Miliar

BOGOR, kabarsatu.com – Pelebaran Jalan Raya Puncak kini tengah dikerjakan. Pantauan dilokasi, pekerjaan sudah terlihat dari mulai simpang Gadog-Pasir Muncang, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor hingga Tanjakan selarong.

Proyek ini dimulai dengan menjadikan ruang milik jalan (Rumija) menjadi badan jalan. Hanya saja pengerjaan pelebaran jalan di tahun 2017 ini hanya sepanjang 3,3 kilometer dengan anggaran mecapai Rp22 miliar. Pekerjaan sendiri di target rampung pada akhir tahun 2017 ini

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana (Sarpras) Bappedalitbang Kabupaten Bogor Ajat Rohmat Jatnika mengungkapkan, pekerjaan di tiga bulan terakhir tahun 2017 ini tidak menyeluruh di Jalur puncak, melainkan hanya di beberapa titik yang dianggap urgent untuk dilebarkan. Sementara untuk pelebaran secara menyeluruh akan dikerjakan di tahun 2018 nanti.

“Iya sudah mulai, di rumija sebagian, terus di Tanjakan Selarong dan di titik-titik rawan longsor. Jika ditotal kurang lebih 3,3 kilometer,” ujar Ajat kepada wartawan, Kamis (28/9/2017).

Menurutnya, beberapa simpul kemacetan seperti jembatan di sekitar Desa Pasir Angin, karena ada penyempitan jalan (bottle neck), tidak terkena bongkar saat ini. Melainkan dilakukan pada 2018 bertahap dengan pelebaran jalan secara keseluruhan hingga wilayah Kecamatan Cisarua.

“Nanti kan lanjut tahun 2018 untuk keseluruhan. Tapi, saya belum terima kabar lagi dari Kementerian PU. Tapi, Jembatan Pasir Angin rencananya sih tahun 2018,” terangnya.

Sementara itu, PPK I Metropolitan III Jakarta Kementerian PUPR Andi menjelaskan, dengan anggaran Rp 22 milar meliputi beberapa jenis pekerjaan yang tersebar di lima titik, dari Gadog ke Selarong dan ke arah Gunung Mas.

“Kira-kira lima lokasi dengan total 3,3 kilometer. Dengan anggaran itu, ada beberapa jenis pekerjaan, seperti pelebaran jalan, jalur evakuasi di Turunan Selarong dan penanganan longsoran,” ungkapnya

Ia menambahkan, target semua pekerjaan itu selesai pada akhir tahun ini. “Iya semuanya ditarget selesai tahun ini tapi nanti ada lanjutannya pada 2018,” pungkasnya.FUZ




Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.