Disdik Kota Bogor Salurkan Beasiswa Kepada Mahasiswa Miskin

BOGOR, www.kabar1.com – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor akan menyalurkan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi dari keluarga miskin (gakin), senilai Rp 400.000.000. Dana tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Bogor Tahun 2018.

Sasarannya, sebagai tolak ukur untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) bagi lulusan SMA/SMK berprestasi ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau strata satu (S-1).

Tapi, pemberian beasiswa tersebut ditetapkan melalui beberapa seleksi. Ini dilakukan supaya penyaluranya tepat sasaran. “Sebelum disalurkan, terlebih dahulu kita memgadakan seleksi administrasinya. Bahkan, penghasilan orangtua juga diperiksa . Selain itu, kita juga melakukan wawancara serta kunjungan ke rumah calon penerima beasiswa,” ujar Kepala Seksi (Kasi) Perencanaan dan Pelaporan, Disdik Kota Bogor, Jajang Koswara, ketika dihubungi, Minggu.

Menurut Jajang, untuk tahun 2018 ini, beasiswa itu akan disalurkan kepada 10 orang mahasiswa baru yang tidak mampu selama 4 tahun. Sebelumnya, Disdik juga telah menyalurkan beasiswa kepada 10 mahasiswa yang diterima di UI dan IPB. “Yang telah menerima sebelumnya, juga akan kita evaluasi lagi. Terutama, apakah dia telah memenuhi syarat indeks prestasi (IP) yang memadai yaitu 2,75 atau tidak. Kalau tidak tercapai, kita akan alihkan ke mahasiswa lainnya,” pungkas Jajang.

Ditambahkan, beasiswa itu diberikan per tahun, tapi disesuaikan dengan pembayaran uang kuliah di universitas atau instittut negeri mereka kuliah. “Sasaran yang diinginkan pada tahun ini lebih dari 10 orang. Mudah-mudahan bisa mencapai 30 orang. Bahkan, pada tahun 2018 ini, kita bisa mengembangkannya di UNJ dan saat ini sedang mengadakan MoU dengan UNJ,” paparnya. URI




Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.