Drainase Buruk, Jalan Lintas Provinsi Banjir

DEPOK – Jalan Raya Arco Parung tergenang banjir. Buruknya drainase di kiri dan kanan ruas tersebut, menjadi penyebabnya. Kondisi ini kian ironi, mengingat lajur tersebut merupakan jalur transportasi darat lintas provinsi.

Ya, jalan raya utama penghubung Bogor-Ciputat, Tangerang-Depok ini memang tergenang air dengan debit yang cukup tinggi. Pantauan dilapangan, saat hujan deras mengguyur, genangan air cukup tinggi terjadi di beberapa ruas Jalan Raya Kemang-parung. Genangan air setinggi 30 sentimeter dan hampir sepanjang 200 meter ada di jalan Arco Parung, Kabupaten Bogor.

Baca juga :  Alhamdulillah, Bikin Akta Lahir Sekarang Bisa Lewat Online

“Pemandangan seperti ini sudah sering. Apalagi kalau hujan deras, genangan air mirip kolam renang,” ujar warga Kampung Lebak wangi, Desa Pamegarsari Andri.

Baca juga :  Kejari Kabupaten Bogor ‘Ultimatum’ BPD

Keluhan serupa diungkapkan karyawan perusahaan swasta yang melintas di jalan tersebut, Mulyadi. “Saya aneh melihat jalan utama ini kok rutin banjir. Ke mana sih pengawasan serta perawatan petugas dan instansi terkait,” paparnya.

Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) Kabupaten Bogor, kata dia, harus lebih peka terhadap perawatan fasilitas publik. Apalagi, jalan ini digunakan sebagai jalur transnasional antara Provinsi Jawa Barat, Banten dan Jakarta.

Baca juga :  Bupati Bogor Minta Masyarakat Tidak Menolak Pemakaman Jenazah Korban Covid-19

Sementara itu, tokoh pemuda Bogor Utara Abdul Jalil Zein meminta pemerintah segera mencari dan memberi solusi atas terganggunya aktivitas warga karena banjir,” pungkasnya. WAN