Dua Pemkot Tindak Lanjut Konsep Smart City dan E-Goverment

BOGOR – Menuju kota berkonsep digitalisasi, Pemkot Bogor bersama Pemkot Palembang realisasikan konsep kerja sama sektor pembangunan teknologi informasi pengembangan Smart City dan E-Goverment.

Penandatanganan kesepakatan kerjasama itu merupakan tindak lanjut hasil kunjungan kerja Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda, (8/9) lalu.

Sekda Kota Palembang, Ratu Dewa menuturkan maksud kesepakatan bersama ini untuk pengembangan Smart City dan E-Government sebagai pedoman dalam melaksanakan alih pengetahuan dan pengalaman terbaik (Best Practice) antar aparatur pemerintah (City Sharing).

“Menciptakan keterpaduan pembangunan antar kawasan perkotaan, mewujudkan efisiensi, efektivitas dan sinergitas dalam penyelenggaraan pembangunan di samping penyediaan umum kepada masyarakat dengan mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya yang dimiliki guna mendukung pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” paparnya kepada wartawan di Paseban Sri Bima, Balai Kota Bogor, Rabu (2/12/2020).

Baca juga :  Jasa Sewa Ban di Pantai Banten Raup Untung Besar 

Sedangkan tujuannya, lanjut Ratu, untuk mempercepat pembangunan daerah, peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat serta meningkatkan daya saing daerah melalui monitoring secara digital.

Ratu Dewa menyebutkan, kesepakatan kerja sama yang terjalin diharapkan meliputi sektor yang lainnya untuk dipelajari. “Setelah dari sini kami akan action langsung di Kota Palembang,” tuturnya.

Baca juga :  Menuju Smart City, Diskominfo Gelar Sosialisasi Penataan Domain

Ditempat yang sama, Sekda Kota Bogor, Syarifah Sofiah menyebutkan, Kota Bogor yang telah dulu membangun konsep digitalisasi itu saat ini bahkan pihaknya tengah terfokus dalam pembangunan fiber optik di hampir semua wilayah, termasuk di perangkat daerah di lingkungan Pemkot Bogor.

“Alhamdulillah, fiber optik di Kota Bogor sudah hampir ke semua wilayah. Khusus untuk kelurahan tinggal 10 persen dari 68 kelurahan yang belum terpasang fiber optik,” katanya didampingi Kepala Diskominfo Kota Bogor, Rahmat Hidayat.

Baca juga :  Indonesia Sebagai Tuan Rumah Business Events ASEAN 2018

Menurutnya, keberadaan dan pemanfaatan fiber optic sangat mendukung kinerja dan pelayanan. Selain itu di Kota Bogor sudah dipasang CCTV dan fasilitas Wifi publik. “Dimana keberadaan Wifi ini semakin terasa manfaatnya bagi masyarakat Kota Bogor di masa pandemi Covid-19 saat ini,” imbuh mantan Kepala BPKAD Kabupaten Bogor itu.

Dalam kunjungannya, Sekda Kota Palembang didampingi Kepala Dinsos, Kepala Diskominfo, Kasatpol PP, Kepala Dishub dan Kepala Dinas LHK Kota Palembang serta beberapa kepala bagian dan aparatur wilayah. STR/*