Hari Sumpah Pemuda, Ibu Berkebaya Mengajak Pelajar dan Komunitas Bersihkan Sungai Cikapundung

Bandung – Momen Hari Sumpah Pemuda tahun 2019, diperingati dengan melakukan pembenahan Sungai Cikapundung, yang berada di Hulu Sungai, dikawasan Dago Bangkok, kota Bandung.

Seperti yang dilakukan Komunitas ibu-ibu berkebaya, di kelurahan Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, senin (28/10).

Dalam aksinya, ibu-ibu berkebaya ini mengajak Generasi Muda Pelajar, untuk ikut peduli dalam menjaga Sungai Cikapundung.

Menurut Melok Besari dari komunitas cinta Budaya nusantara, mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk refleksi kepada para Pemuda Indonesia, dimana peran Pemuda sangatlah Penting.

Baca juga :  BR Jual Sabu di Sumedang, Ditangkap Polisi

“Untuk itu Pemuda kami ajak terjun dan turun ke Hulu Sungai Cikapundung, untuk membersihkan sampah disungai ini,” katanya, senin (28/10).

Refleksi peringatan Sumpah Pemuda juga, dimaknai dengan simbol Kebudayaan melalui baju.

“Kenapa kami memakai kebaya? Karena kami cinta Budaya Indonesia. Dari Jabar kebaya khas Jabar ini harus dipertahankan, kami membersihkan sungai dengan memakai kebaya, agar Generasi Muda Kita melihat dan melestarikan kebaya,” ucapnya.

Baca juga :  Empat Wartawan Sumbar Uji Kompetensi di Cianjur

R Moch Agus Ramdhan, selaku Penggerak Lampung Wisata, menjelaskan bahwa kegiatan ini untuk mengingatkan Generasi Muda atas pentingnya menjaga lingkungan, Khususnya Sungai.

“Di Kota Bandung ada sungai Cikapundung, dan ini kami jadikan titik pembersihan sampah disungai, karena di Hulu Sungai ini, sebenarnya bisa dimanfaatkan sebagai obyek wisata air ditengah Kota, jika ditata dan dijaga lingkungannya,” ujar Agus.

Baca juga :  Massa Pemuda Kritik dan Minta BJB Syariah Bebas dari Kepentingan Politik Penguasa

Dalam kegiatan refleksi sumpah Pemuda ini, juga melibatkan pemerintah kecamatan Coblong, Komunitas cika-cika, Komunitas Cinta Budaya Nusantara, Komunitas Bawari,Pelajar Sma 19 Bandung, Satgas Citarum Harum. (gie)***