Joko Widodo Naikan Tunjangan Kinerja Babinsa, Ini Besarannya

BANDUNG, kabar1.com – Sebagai bentuk apresiasi atas kinerja bintara pembina desa (Babinsa) sebagai ujung tombak institusi di wilayah. Presiden Joko Widodo berikan kenaikan tunjangan terhitung bulan Juli 2018 ini. Alasannya, upaya presiden tersebut dengan harapan adanya peningkatan kesejahteraan tersebut bisa memotivasi Babinsa bisa bekerja optimal.

 

Hal ini disampaikannya saat memberikan pengarahan kepada 4.505 Babinsa seluruh Indonesia di Hanggar KFX/IFX PT. Dirgantar Indonesia, Lanud Husein Sastranegara Bandung, Selasa (17/7). “Tahun lalu saya sudah perintahkan kepada Menteri Keuangan untuk siapkan anggaran bagi peningkatan tunjangan kinerja Babinsa dan mulai Juli ini kenaikan tunjangan Babinsa (harusnya) sudah diterima,” paparnya.

Baca juga :  Kewenangan Bawaslu Putuskan Koruptor Nyaleg

 

Presiden beralasan adanya kenaikan tunjungan kinerja Babinsa dikarenakan Babinsa merupakan garda terdepan dalam menjaga keamanan, kedaulatan, serta ketertiban wilayah-wilayah terkecil Indonesia. “Kita memiliki 74 ribu Desa, memiliki 60 ribu Babinsa seluruh tanah air dan Indonesia memiliki 17 ribu pulau serta Negara kita banyak memiliki perbedaan yang majemuk,” kata mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Baca juga :  Tiga Tahun Jokowi, Utang Lebih Banyak!

 

“Kita memiliki 714 suku dan 1.100 lebih bahasa daerah atau lokal. 514 kabupaten dan kota serta 34 Provinsi. Betapa negara kita negara yang sangat besar,” tambahnya.

 

Presiden juga berterima kasih dan mengapresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh Babinsa baik yang berada dilingkup kerja Kodam III/Siliwangi maupun seluruh Babinsa dipenjuru tanah air atas pengabdian serta dedikasinya.

 

“Atas kerja keras bersama – sama dengan Kapolri menjalankan tugas Negara menjaga keamanan, menjaga ketertiban dan terutama dalam mengamankan jalannya Pilkada beberapa minggu yang lalu sehingga Pilkada dapat berjalan lancar, aman dan damai,” tuturnya.

Baca juga :  Disdukcapil Lebak, Dalam rangka Laksanakan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan

 

“Sebagian tugas-tugas yang saudara kerjakan dilapangan mempunyai tantangan yang dihadapi kedepan semakin hari bukan semakin mudah tetapi semakin besar dan semakin sulit. Babinsa harus memiliki kemampuan dan komunikasi sosial bergaul dengan komponen masyarakat, bergaul dengan sesama TNI dan Polri,” ujarnya.ACP