Kades Naik Haji Gara-Gara Kambing

BOGOR, kabarsatu.com – Beternak domba sejak tahun 2007 lalu, Kepala Desa Cihideung Ilir, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor ini justru menuai berkah. Ya, berkat usahanya itu, ia sukses menunaikan ibadah haji bersama sang istri.

Hilman, begitu nama si Kades satu ini. Jauh sebelum menjabat sebagai orang nomor satu di desanya, ia memang terkenal gigih. Gambaran itu, dapat dilihat dari rentetan ‘karir’ usahanya yang dimulai dari penjual gas bersubsidi jenis melon ukuran 3 kilogram, berkebun Ubi dan Singkong,  serta menjadi peternak Domba sejak 2007 lalu.

“Bahkan sampai saya duduk menjadi Kades sekalipun, ketiga usaha tersebut tetap saya tekuni dan hasilnya justru bisa melebihi penghasilan pokok dari seorang kepala desa. Agar diketahui,  Jadi kades mah saya cuma ingin mengabdi saja untuk kemajuan pembangunan masyarakat Cihideung Ilir. “bebernya.

Hilman menambahkan, hasil usahanya diluar penghasilan Kepala desa, ia sudah mampu membiayai ongkos untuk pergi melaksanakan ibadah haji bersama sang istri,  dimana uangnya berasal dari hasil ternak domba,  hasil panen kebun ubi serta hasil usaha agen Gas melon di Cihideung Ilir yang audah membawanya hidup Makmur.

“Sementara jika dibandingkan dengan penghasilan seorang Kades, saya peroleh setiap tiga bulan sampai empat bulan sekali dan sebagian uangnyabsaya gunakan untuk tambahan membeli kambing untuk digemukan yang saya dijual kepada pembeli setiap tiga kali setahun,  terutama untuk kebutuhan kurban di hari Raya idhul adha.”ungkapnya.

Kini ketiga usahanya yang sudah dibangun sebelum Hilman duduk menjadi Kepala desa,  semuanya terus berkembang maju,  bahkan selain keinginannya akan tetap berternak penggemukan domba,  Hilman juga berencana akan berternak sapi.

“Usaha ini akan semakin saya kembangkan,  karena nanti saya takut terpuruk selepas saya tidak lagi duduk sebagai kepala desa.  Sedangkan kedudukan sebagai kepala desa Cihideung ilir hanyalah amanah saja yang tak lain untuk meningkatkan pembangunan kesejahteraan masyarakat,” tukasnya.YUF




Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.