Kena Polusi Pabrik, Warga Cimandala Idap Paru-Paru

BOGOR – Sejumlah warga yang berdomisili di Desa Cimandala, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, mengidap penyakit paru-paru. Kepastian ini diketahui usai salah satu warga melakukan cek kesehatan di klinik kesehatan.

“Kata dokter, istri saya positif paru dan dokter pun menanyakan apakah di sekeliling tempat tinggal kami ada pabrik?. Dan memang benar ada. Dokter kembali menyatakan, kemungkinan akibat polusi pabrik tersebut,” kata Burhani, salah satu tokoh masyarakat sekitar.

Diakui Burhani, tak hanya anggota keluarganya yang diketahui positif paru tetapi ada juga beberapa warga lainnya. “Kemungkinan ada beberapa warga lain karena memang kondisi pabrik tersebut ada ditengah-tengah pemukiman penduduk. Memang jika dilihat dari luar kecil tapi didalamnya cukup besar, sekitar 5 hektar,” ungkap pria yang pernah menjabat sebagai Ketua KNPI Kabupaten Bogor ini.

Lebih lanjut, Burhani menegaskan, akan menindaklanjuti hal ini kepada pihak-pihak terkait di Pemerintah Daerah (Pemda) dan anggota DPRD Kabupaten Bogor untuk bertindak tegas menyikapi dampak yang ditimbulkan oleh perusahaan yang bergerak dibidang per-karpetan tersebut.

“Tentunya harus ada tindaklanjut dari pihak-pihak terkait, mulai di tingkat Desa, Kecamatan hingga dinas di Pemkab Bogor termasuk wakil rakyat karena dampak yang ditimbulkan sudah sangat meresahkan,” imbuhnya.

Diketahui, dalam aturan yang telah ditetapkan oleh Pemkab Bogor, kawasan Kecamatan Sukaraja masuk dalam kategori PP 1. Yang artinya tidak diperbolehkan perusahaan menggelar produksi, jika pun ada perusahaan, hanya dikenankan untuk digunakan sebagai pergudangan. NZI




Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.