KPU Jabar Verifikasi Balon Anggota DPD RI

BANDUNG, kabar1.com – Bakal calon (balon) anggota DPD RI yang lolos verifikasi faktual perbaikan kedua oleh KPU Jawa Barat tersisa 43 orang. Sebelumnya, 8 balon telah dinyatakan memenuhi syarat sehingga secara keseluruhan terdapat 49 balon.

Dari 49 balon yang diverifikasi, empat di antaranya menarik diri dari pencalonan karena berbagai alasan, sedangkan dua lainnya dinyatakan tidak memenuhi syarat.

Hal itu disampaikan Ketua KPU Jawa Barat, Yayat Hidayat pada acara Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Verifikasi Faktual Perbaikan Kedua Pencalonan Perseorangan (DPD) Pemilu 2019 di Hotel Grand Tjokro Jalan Cihampelas, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (18/8).

Baca juga :  Panwascam Evaluasi Pilkada Serentak 2018 Kabupaten Subang

Menurut Yayat, bagi balon yang tidak memenuhi syarat atau merasa keputusan itu dianggap tidak adil, dipersilakan mengajukan gugatan sengketa pencalonan.

“Pada intinya kami mendukung proses itu, karena mungkin saja KPU keliru. Tapi kami yakin, semua proses telah berjalan sesuai aturan,” katanya.

Baca juga :  Pilbup Bogor, Ribuan Napi Bakal Nyoblos di Lapas

Pernyataan Yayat dikuatkan Agus Rustandi, Komisioner Divisi Hukum KPU Jabar yang juga mempersilahkan untuk balon yang tidak terverifikasi melakukan gugatan sengketanya melalui Bawaslu atau PTUN.

“Bagi yang merasa tidak puas, dipersilakan mengajukan keberatan ke Bawaslu atau PTUN,” sebutnya.

Sementara itu Komisioner Divisi Teknis, Endun Abdul Haq menegaskan pihaknya akan melakukan verifikasi syarat calon bagi seluruh balon.

Baca juga :  Kades Cipeundeuy Bunbun Risnandar Apresiasi Industri Yang Peduli Lingkungan

“Kami akan memverifikasi syarat calon 19 hingga 27 Agustus. Selanjutnya 29 Agustus dilaporkan ke KPU RI, kemudian 31 Agustus sampai 2 September dibuat DCS (Daftar Calon Sementara),” ujarnya.

Hadir dalam kegiatan itu semua Komisioner dan Sekretaris KPU Jawa Barat serta Komisioner KPUD Kabupaten/Kota dan narahubung para balon.

Baca lanjut