Langgar Prokes Sanksi Tegas Diterapkan, Puluhan Orang Terjaring Razia

SUMEDANG – Perbup Nomor 128 Tahun 2020 serentak ditegakkan di Kabupaten Sumedang.

Sejumlah titik rawan kerumunan dan di perbatasan masuk Sumedang dijaga ketat, Senin 28 Desember 2020.

Terpantau di Kecamatan Jatinangor tepatnya dihalaman Kecamatan Jatinangor, unsur gabungan seperti Satuan Polisi Pamong Praja Kecamatan Polsek dan Koramil mengadakan razia penegakan disiplin Protokol Kesehatan Covid-19.

Selain itu ada juga Pos Penegakan Disiplin Perbub nomor 128 tahun 2020 yakni di Jalan Ir. Soekarno Bandung-Cirebon.

Di sekitar Mapolsek Jatinangor pun ada angggota gabungan Sat Pol PP Kabupaten Sumedang bersama Polres dan Kodim 0610 serta Sub Denpom.

Baca juga :  Pasien Covid-19 Melonjak, Pemkot Bogor Bangun Rumah Sakit Darurat

Sementara, menurut Kasi Trantib Kecamatan Jatinangor Endang Sutaryat mengatakan, kegiatan hari ini adalah penegakan Perbup 128 bagi yang tidak mengindahkan akan dikenakan saksi berat.

“Dan sanksi bagi yang tidak pakai masker yakni Rp 100 ribu, sementara bagi yang memakai masker namun tak dipergunakannya di dagu atau digantung yakni Rp 50 ribu,” ujarnya.

Dikatakanya, pihaknya kan melakukan Razia ini selama 8 hari kedepan dan nantinya sesuai dengan instruksi pimpinan untuk diperpanjang atau tidaknya disesuaikan dengan situasi dan kondisi.

“Dimana dalam setiap titik pihaknya ada bersama TNI-Polri dengan jumlah 10 orang. Dan ada juga tim monitoring Gabungan Forkompinda Sumedang,” tandasnya.

Baca juga :  Masyarakat Baduy Usulkan Lahan Pertanian di Perluas

Pihaknya mengimbau dan terus mensosialisasikan terhadap masyarakat baik itu melalui poster dan yang lainya.

Bahwa akan dikenakan sanksi denda apabila tidak memakai masker.

Sementara ditempat yang berbeda menurut, Yan Mahal Rizzal selaku Kabid PPUD pada Satpol PP Kabupaten Sumedang mengatakan, kegiatan hari ini adalah gabungan Satuan Polisi Pamong Praja dan TNI-POLRI juga Sub Denpom.

“Dalam rangka Operasi Penegakan Disiplin Perbub no 128 tahun 2020 dengan sanksi administrasi Denda yang diberlakukan kepada Masyarakat pengguna Roda Dan Empat yang tidak menggunakan masker termasuk bagi kendaraan yang muatannya melebihi kapasitas,” ungkapnya.

Baca juga :  Mahasiswa Unigal Berbagi ke Dhuafa di Desa Karanganyar

Pihaknya berharap lanjut Rizal, dengan adanya Operasi Gabungan Penegakan Disiplin ini masyarakat semakin sadar dan mematuhi Prokes Covid
19.

“Operasi Gabungan ini dimulai dari pukul 08.00 -16.00 WIB, dengan istirahat satu jam, dan seterusnya disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan,” tegasnya.

Selanjutnya kata Rizal, ada sekitar 37 orang yang terjaring razia dari pagi sampai siang.

Dikatakan, dengan pelanggaran yang diatur dalam pasal 4 dan 5 Perbup No 128 tahun 2020.

“Dimana pasal tersebut yakni tidak menggunakan masker di ruang Plpublik dan menggunakan masker tidak benar,” pungkasnya. (Abdullah Opah)***