Mahasiswa KKN Dan Satgas Citarum Harum Sektor 9 Olahraga Sambil Sosialisasi Kesehatan

NGAMPRAH, kabar1.com – Gerakan Masyarakat (Germas) hidup sehat adalah program spesifik yang dijalankan oleh Desa Selacau Kecamatan Batujajar Kabupaten Bandung Barat, Kamis (2/8). Kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan masyarakat sehat serta dengan penuh kesadaran menjalankan pola-pola kehidupan yang juga sehat.

 

Germas hidup sehat merupakan program yang dijalankan sesuai dengan Intruksi Presiden (Inpres) Jokowi Nomor 1 Tahun 2017. Program ini menjadi sebuah kemutlakan bagi seluruh stakeholder di tanah air.

 

Inpres bertujuan untuk mempercepat dan mensinergikan tindakan promotif dan preventif akan pentingnya hidup sehat. Pada akhirnya program ini menghasilkan masyarakat dengan kualitas kesehatan yang terjaga.

Baca juga :  Rektor Unhan Selenggarakan acara Pujawali IV dan Doa bersama untuk keselamatan pengungsi Gunung Agung Bali

 

Banyak cara yang bisa dilakukan lewat germas hidup sehat. Mulai skala kecil yang dilakukan secara personal, hingga skala luas yang dijalankan secara komunal.Ucap Kades Selacau Kecamatan Batujajar Kabupaten Bandung Barat Engkus Kusnadi S dalam sambutan nya pada acara pembukaan kegiatan germas

 

Seperti yang dilakukan oleh para Mahasiswa StiKes Budiluhur, Upi, Ikip Siliwangi, ibu pkk, posyandu dan satgas Citarum Harum sektor 9,dengan diikuti oleh Kades Selacau, Dansub 2, Babinsa, Binmas dan karang taruna, dengan melakukan gerak jalan.

Baca juga :  Mahasiswa Unigal Berbagi ke Dhuafa di Desa Karanganyar

 

Kegiatan ini digagas oleh para mahasiswa yaitu olahraga sambil sosialisasi. Yang mana para peserta gerak jalan mampir di tempat-tempat tertentu untuk mensosialisasikan  dan membagi- bagikan poster tentang kesehatan.

 

Dengan demikian masyarakat dapat terhindar dari penurunan produktivitas serta mengurangi beban pembiayaan pelayanan kesehatan.

 

Namun yang paling penting adalah, hidup sehat tentunya akan membuat perjalanan kehidupan aman dan nyaman. Bayangkan saja bila kita didera penyakit, betapa susahnya untuk melakukan aktivitas. Belum lagi, biaya yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan penanganan medik.

Baca juga :  Objek Wisata Religi Salakanagara Cihunjuran Pandeglang Butuh Sentuhan Pemerintah

 

Lebih dari itu, orang-orang yang berada di sekitar kita pun akan terbebani dan ikut-ikutan susah. Mereka mesti mengurus dan memikirkan kondisi fisik kita yang dibekap oleh penyakit.

 

Maka, sudah waktunya kita bijak untuk menjalankan aktivitas gerakan hidup sehat. Baik untuk diri sendiri, keluarga atau pun masyarakat sekitar kita.Ujar Dansub 2 Kapten Inf Nasrul Citarum Harum. ACP