Pemkot Tangsel Ingin Cetak Blangko E-KTP Sendiri, Karena…

TANGSEL, kabar1.com – Alasan selalu terbatasnya blangko Kartu Tanda Penduduk (e-KTP), membuat warga Tangerang Selatan jengkel. warga mendorong Pemerintah Kota Tangsel dapat mengadakan blangko e-KTP secara mandiri. Namun, keinginan Pemkot Tangsel belum dapat direalisasikan akibat terbentur kewenangan pemerintah pusat terkait regulasi pengadaan blangko e-KTP itu sendiri.

Baca juga :  Pemkab Cianjur Usulkan Kantor Imigrasi

“Sudah mengusulkan itu (pengadaan blangko), tapi memang tidak segampang itu,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Tangerang Selatan Dedi Budiawan dikutip kompas, Senin (28/10/2019).

“Karena itu, untuk memenuhi usulan itu pemerintah pusat harus mengubah undang-undang Adminduk. Karena salah satu pasal disitu disebutkan kalau pengadaan blangko KTP Elektronik urusan pemerintah pusat. Dan saat ini sedang mencari perubahan regulasi agar blangko bisa diserahkan ke daerah,” paparnya.

Baca juga :  Lulung Desak Jokowi Copot Menteri Agama

Menurutnya, saat ini pemerintah pusat juga tengah mencari cara agar perubahan kewenangan pengadaan blangko e-KTP yang semula ditangani pusat, bisa ditangani pemerintah daerah. “Kalau diserahkan kita siap dan APBD kita mampu untuk itu,” tegas Dedi.

Baca juga :  KPK Telusuri Duit $500 Ribu Untuk Puan dan Pramono Anung

Selain upaya tersebut, pemerintah Pusat juga sedang mempersiapkan pengadaan blangko di daerah-daerah nantinya, melalui sistem e-katalog.

“Mungkin semua itu perlu waktu dan sambil menunggu waktu berjalan, pengadaan blangko bisa segera teratasi paling tidak secara bertahap,” katanya.