RK Kunjungi Gunung Padang

CIANJUR, kabarsatu.com – Bakal Calon Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mendorong adanya penataan dan pengemasan lebih baik untuk Situs Megalitikum Gunung Padang. Hal itu dilakukan supaya situs pra sejarah tersebut tetap terjaga dan lebih menarik wisatawan untuk datan.

Ridwan kamil yang sengaja datang ke Gunung Padang usai mengikuti gerak jalan di Cianjur itu mengatakan, situs tersebut menceritakan integensia dan teknologi orang-orang terdahulu. Meskipun masih menyimpan misteri, kemegahan bangunan berundak tersebut menjadi daya tarik.

“Apalagi di situs ini setiap undakannya memiliki maksud dan makna. Ini tentunya mengandung nilai sejarah yang panjang dan perlu dilestarikan,” ujarnya kepada wartawan, Sabtu (23/9).

Menurutnya, terlepas dari misteri di dalamnya, gunung Padang merupakan kekayaan sejarah Indonesia. Sayangnya pengelolaan dinilai masih belum optimal, apalagi masih ada bangunan dan warung yang tidak tertata dengan baik.

“Jadi masih ada bangunan yang tidak seharusnya dan bentuk bangunan untuk di tempat wisata tidak harusnya begitu,” ucapnya.

Selain itu, lanjut dia, masih bebasnya pengunjung menginjak sebagian besar bagian akan berbahaya bagi kelestarian situs. “Perlu ada keseriusan dari pariwisata untuk mengelola dengan baik,” katanya.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Cianjur, Yeyen Rohayanda, mengatakan, Situs Gunung Padang dikelola oleh setiap tingkatan pemerintahan, Pemkab hanya bisa mengelola zona luar, sementara zona inti langsung oleh pemerintah pusat.

“Makanya kami juga sedang mengusahakan regulasi terkait pengelolaan selanjutnya, supaya tidak ada tumpang tindih,” tuturnya.

Menurutnya, dalam waktu dekat pihaknya akan menata parkir area dan infrastruktur menuju gunung padang. “Nanti pasrkiran itu di paldua, sementara untuk wisatawan yang naik kereta difasilitasi dengan mobil wara-wiri,” ucapnya.

Bahkan, ungkap dia, pemerintah berencana untuk membuat cablecar, sehingga wisatawan bisa melihat keindahan gunung padang dari ketinggian. “Itu masih rencana, pokoknya dalam waktu dekat, tapi butuh investor untuk membangunnya, sebab anggarannya tidak sedikit,” pungkasnya.DIE




Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.