Sekarang Penumpang Bisa Batalkan Tiket Perjalanan KA Tanpa Terkena Bea

JAKARTA – PT KAI siapkan 22 titik pengambilan sample rapid antigen. Puluhan titik itu guna mangakomodir 16.700 ribu pengguna jasa yang berangkat dari Daop 1 untuk periode 22 Desember 2020 hingga 8 Januari 2021.

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa menyampaikan pelaksaan rapid tes antigen merujuk pada Surat Edaran (SE) Nomor 23 Tahun 2020 mengenai  Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dengan Transportasi Perkeretaapian Selama Masa Natal 2020 Dan Tahun Baru 2021 Dalam Masa Pandemi Corona Virus Desease (Covid-19).

Baca juga :  Marak Pinjaman Online, Hak Kreditur Terjamin?

“Khusus calon penumpang yang melaksanakan, diantaranya 11.300 penumpang keberangkatan dari Stasiun Gambir dan 5.400 penumpang keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen.

Dijelaskan, Daop 1 Jakarta telah menata alur layanan rapid antigen seperti ruang tunggu dengan kapasitas yang lebih memadai, memisahkan antara calon penumpang saat mendaftar, pengambilan sampel, sampai menunggu hasil hingga tenaga pengambil sampel, administrasi untuk layanan rapid antigen di masing-masing stasiun juga ditambah.

Baca juga :  Tangsel Banten Masuki Era Fintech 4.0, Daerah Lain?

Sementara itu dalam penangannya, imbuh Eva, Daop 1 Jakarta mengerahkan sebanyak 25 nakes untuk Stasiun Pasar Senen dan 15 nakes untuk Stasiun Gambir. “Perlengkapan dan peralatan pendukung juga diakomodir lebih dari biasanya,” jelasnya.

“Secara total terdapat 22 titik pengambilan sampel atau tes rapid di Stasiun Pasar Senen dan 10 titik di Stasiun Gambir,” tambahnya.

Baca juga :  Polres Bogor Jalin Kemitraan Bisnis Bersama Petani Kopi

Eva juga menyebutkan adanya kelonggaran bagi para penumpang yang ingin membatalkan atau merubah jadwal perjalanan tanpa adanya beban administrasi sejalan dengan diterbitkannya kebijakan baru oleh PT KAI.

“Jika dalam jangka waktu paling lambat 3 (tiga) bulan dari tanggal yang tertera pada tiket, calon penumpang tidak memilih alternatif yang diberikan, maka tiket tersebut dinyatakan tidak berlaku dan tidak dapat ditukarkan kembali baik cash maupun tiket yang baru,” tutupnya. SAT/**