UAS SMK TBS Berbasis Komputer

BOGOR- kabar1.com – SMK Tunas Bangsa Sejahtera (TBS) di Jalan Raya Cifor, Kekurahan Bubulak, Kecamatan Bogor Batat, Kota Bogor, sudah mulai menerapkan ujiian akhir semester (UAS) ganjil berbasis komputer. Tujuannya, untuk melatih siswa, khususnya Kelas XII, yang nantinya akan menghadapi ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada tahun mendatang.

Selain itu, untuk menumbuhkan sikap dan minaat belajar dalam mempersiapkan diri mereka dengan baik. Sehingga, nantinya tidak terdengar lagi iming-iming ‘kunci jawaban’ yang dengan mudah didapat. Tetapi, para siswa akan berusaha untuk belajar. “Jadi, ujian dengan menggunakan komputer akan menumbuhkan sikap disiplin terhadap diri dan waktu. Dimana 138 siswa yang ada di sekolah ini ‘dipaksa’ untuk disiplin hadir sesuai dengan sesi ujiannya dan tidak boleh terlambat,” ujar Kepala SMK TBS, Sumarna, ketika ditemui, di sekolahnya, Kamis (06/12/2018).

Baca juga :  Wabup Bogor Ingin Minat Baca Masyarakat Meningkat

Menurut Sunarna, pelaksanaan UAS ganjil dengan sistem Computer Based Test (CBT) dilakukan di sekokah ini, tak lain agar para siswa mampu menempatkan dirinya sebagai pelaku teknologi yang bermanfaat. Dimana, peserta didik dihadapkan pada kemampuan untuk mengoperasikan perangkat komputer dan mengaplikasikan pengetahuan belajar TIK mereka selama ini. ” Ini bisa terlaksana atas dukungan seluruh pihak sekolah dan komite sekolah atau masyarakat. Maka pada tahun depan, pelaksanaan ujian nasional berbasis konputer di sekolah ini dapat terwujud secara menyeluruh,” pungkasnya. URI